Jurusan Perhotelan merupakan jurusan yang termasuk dalam bidang pariwisata. Jurusan ini disediakan untuk siswa-siswi SMK Pariwisata Harapan yang nantinya ingin melanjutkan karirnya di dunia perhotelan.
Ada 3 kompetensi tamatan dalam jurusan ini yaitu:
1. HOUSEKEEPING
Housekeeping merupakan salah satu departemen hotel yang bertugas membersihkan area hotel. Housekeeping ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu
Room Area dan Public Area. Siswa-siswi akan diajarkan cara melakukan pembersihan, merapikan kamar, maupun membersihkan area publik dengan menggunakan peralatan housekeeping dan menggunakan bahan pembersih serta melakukan pembersihan area yang kering maupun basah. Selain membersihkan area hotel. Adapun section laundry dimana siswa-siswi diajarkan cara mencuci, menyetrika, dan ngepacking segala linen hotel ataupun linen tamu dengan benar sesuai dengan SOP, serta mengisi form laundry list dengan benar.
Kompetensi yang didapatkan siswa-siswi di pembelajaran Housekeeping ini
yaitu:
- Menunjukkan kemampuan memberikan layanan housekeeping kepada tamu.
- Menunjukkan kemampuan memberi saran tamu mengenai perlengkapan housekeeping.
- Menunjukkan kemampuan menggunakan peralatan mesin.
- Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan sopan melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi.
- Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggungjawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya.
2. FRONT OFFICE
Front Office merupakan salah satu departemen hotel yang akan bertemu langsung pada tamu. Pada pembelajaran ini siswa-siswi diajarkan cara untuk menangani reservasi/pemesanan kamar, menangani kedatangan (check in) dan keberangkatan tamu (check out), melayani tamu lewat telepon, memberikan
informasi kepada tamu dan menangani barang bawaan tamu ketika akan check in, saat berada di hotel dan saat check out.
Kompetensi yang didapatkan siswa dari Mata Pelajaran Front Office adalah:
- Menangani proses reservasi (pemesanan kamar) baik melalui Telepon, Walk In, Faximile, Travel Agent, dan Email.
- Menangani tamu yang check in dan check out serta menangani barang bawaan tamu.
- Melayani tamu lewat telepon yang di dalamnya terdapat aturan dalam bertelepon (Telephone Courtesy).
- Surat menyurat meliputi Confirmation Letter, Agreement Letter, Cancelation Letter, dan lain-lain.
Dalam mata pelajaran Front Office terdapat 5 unsur pokok keahlian yaitu:
- Reception
- Reservation
- Telephone Operator
- Porter/Uniform Service
- Klerikal/Surat Menyurat
3. FOOD AND BEVERAGE
Food and Beverage merupakan salah satu departemen hotel yang bertugas mengolah, memproduksi, serta menyajikan makanan dan minuman kepada
tamu. Pada pembelajaran ini siswa-siswi diajari teknik mengolah makanan baik panas basah maupun panas kering, teknik penyajian makanan dengan memperhatikan estetika, kualitas, rasa, dan kebutuhan. Tidak hanya itu, siswa-siswi juga akan belajar cara menghidangkannya yang tentu harus memperhatikan aspek sanitasi dan pelayanan kepada tamu.